Penyebab Lemot pada laptop

JASA INSTAL ULANG KOMPUTER PC DAN LAPTOP


Penyebab Laptop Lemot yang Sering Terjadi

Laptop memiliki fungsi yang sangat beragam, Anda bisa memanfaatkan laptop dengan mudah untuk berbagai keperluan. Mulai dari bekerja, menikmati waktu bersantai hingga melakukan komunikasi dengan orang lain secara mudah. Dengan memiliki laptop, akan sangat membantu untuk meningkatkan produktivitas Anda. Saat ini, sudah ada banyak sekali pilihan laptop yang bisa Anda beli dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Apapun itu jenis dan merk laptopnya, baik itu memiliki harga yang mahal atau murah, laptop merupakan sebuah mesin yang harus dirawat dengan baik. Sebuah mesin yang dibiarkan bekerja secara terus menerus tanpa adanya perawatan bukanlah hal yang baik. Seiring dengan perjalanan waktu, mesin akan mengalami penurunan kemampuan dan membutuhkan tangan manusia secara langsung supaya kinerjanya bisa tetap terjaga dengan baik.

Laptop yang mulai terasa lemot tentu memiliki banyak sekali penyebab, di bawah ini adalah beberapa penyebab utama laptop mengalami perlambatan:

 Usia Pakai Laptop yang Terlalu Lama

Tidak ada perangkat keras yang dibuat secara sempurna, karena semua memiliki usia pakainya sendiri. Usia pakai dari setiap perangkat keras dibuat berbeda dan menyesuaikan dengan fungsinya sendiri. Apabila perangkat tersebut banyak digunakan dan bergerak, maka otomatis umur pakainya juga akan berkurang menjadi lebih singkat lagi.

Jarang Membersihkan Bagian Dalam Laptop

Debu akan selalu terakumulasi pada setiap bagian di dalam laptop yang terbuka. Kipas laptop akan menghisap debu dalam jumlah yang banyak dan Anda harus secara berkala membersihkan kipas serta bagian dalam dari sebuah laptop. Apabila debu sudah terlalu menumpuk pada kipas dan ventilasi maka laptop bisa mengalami lemot bahkan rusak apabila terlalu panas.

Harddisk yang Terlalu Penuh

Setiap laptop dibekali dengan kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda. Laptop modern yang ada saat ini sudah dibekali media penyimpanan setidaknya minimal 500GB. Untuk Anda yang banyak menginstall program dan senang menyimpan berbagai film serta musik, mungkin akan merasakan kapasitas penyimpanan mulai berkurang. Harddisk yang terlalu penuh akan membuat kinerja dari laptop menjadi lebih lambat dan membuat seluruh proses menjadi lemot untuk dilakukan.

Kapasitas RAM yang Tidak cukup

RAM atau disebut juga sebagai Random Access Memory memiliki fungsi untuk menyimpan beberapa program secara sementara, terutama ketika program tersebut sedang dibuka. Semakin penuh kapasitas RAM dari sebuah laptop, maka otomatis laptop akan menjadi lambat dan beberapa program mungkin ada yang tidak bisa terbuka dengan baik.

Processor yang Tidak Kuat 

Tidak semua processor di dalam sebuah laptop dirancang untuk menjalankan program dengan kemampuan yang sama. Apabila kemampuan processor laptop Anda tidak dirancang untuk kuat menjalankan sebuah program, maka laptop akan menjadi lemot bahkan bisa mengalami crash.

PROJAS KOMPUTER
JASA INSTAL ULANG KOMPUTER PC DAN LAPTOP
Jl. KH. Wahid Hasyim Rt.04/ RW.05 Jurang Mangu Timur 
Pondok Aren Kota Tangerang Selatan. HP : 0859-5662-7933 
e-Mail : projasonline@gmail.com